gimana cara bagi waktu ngerjain dua kerjaan pas lagi WFH gini? Terapin yuk biar kerjaan kita cepat beres semuanya :)

Halooo........ 
Assalamualaikum semuanyaaa......
Semoga semuanya dalam kondisi sehat dan baik yaaa, walaupun lagi masa masa karantina dan banyak menghabiskan waktu rumah, tapi kita pun harus produktif dalam mengerjakan kegiatan dirumah dan kerjaan kantor juga.

Tapi kadang kerjaan di kantor belum selesai, eh kerjaan di rumah udah mulai muncul, tiba tiba diminta bantu ini, tiba tiba dipanggil daaan lain lainnya. Sebenernya seneng sihh kalo dirumah kumpul gini, bareng sama keluarga, menghabiskan waktu bareng bareng.tapi kalo kerjaan belum beres, pasti nantibakal ditanyain juga sama atasan reportnya udah selesai atau belum. Kalau belum yaa repot juga. Belum lagi kegiatan di rumah yang kadang ngga terduga. Padahal kann aku pengen nonoton youtube, rebahan dikamar, main game dan lainnya tanpa gangguan lain lainnya hihi *curhaat.
Time Management Blogger Collab 2020
Bandung hijab Blogger

Tapi tenang kawan kawankuu, kali ini aku dan teman teman dari @bandunghijabbloger lagi collab blogpost mengenai "Time Management" atau manajemen waktu. daaan kali ini aku mau kasih tips sama kalian, biar kalian tetap bisa membagi waktu  dengan walaupun kondisinya harus kerjain 2 kegiatan sekaligus di satu hari, tapi kita tetep bisa santuuy nantinyaa


1. Membuat  Check list Kegiatan
Check List Kegiatan
Pinterest.com

Penting banget untuk kita membuat skala prioritas terutama untuk kalian yang masih kadang keteteran buat mengerjakan dua kegiatan sekaligus yang bikin pusing. dengan membuat check list kegiatan, kita bisa mengurutkan skala prioritas mana yang sangat "urgent untuk dikerjakan dan mana yang bisa dikerjakan dengan santai. Jadi kerjaan kita pun akan beres dengan semestinya tanpa takut waktu santai kita terpakai 

2. Menerapkan sistem pomodoro 
Pomodoro Technique
www.tomatotimers.com


Abis kita bikin checklist, pasti kita dalam pengerjaaan kegiatan ada aja ganggunanya. mulai dari notif di hp, ganti playlist youtube, atau mungkin notif episode terbaru drakor favorit? naaah kalo kita ga serius ngerjainnya, udah bikin checklist kegiatan eh kitanya malah ga fokus ngerjainnya karena godaan godaan tadi.Menerapkan sistem pomodoro juga ga susah kok, kita cuma butuh fokus selama 20-30 menit dalam pengerjaan kegiatan kita, terus bagi waktu 5-10 menit untuk istirahat deh. bisa dipake buat cek hp takutnya ada pesan penting, atau dipake untuk peregangan dan lain sebagainya hehehe

3. Menjaga Pola Kegiatan primer sebelum WFH
Daily Activity Sebelum WFH 
Vectorstock.com

Biasanya sebelum kita wfh, pola mandi, makan,shalat dan kegiatan lainnya pun biasa terstruktur dengan baik dan teratur, tapi karena WFH ini kita jadi mager mandi pagi lah, bangun agak siang laah, makan pas laper aja, dan kegiatan lainnya yang buat kita jadi lalai. hal itu sebaiknya mulai dikurangi dan kita terapkan lagi pola seperti biasa yaaa teman teman. Biar nanti pas kita sudah beres Work From Home kita tetap bisa beraktivitas biasa dan tidak perlu adaptasi lagi

4. Menjadikan hal favorit menjadi Self reward atau pencapaian

Drama itaewon Class dan jajan boba
Google.com

Naaah abis kita mengerjakan semua kegiatan, tentunya kita perlu self reward dong, naaah self reward ini bisa kita pakai ketika kita sudah selesai mengerjakan suatu hal. dan self reward ini bisa apapun yang kita suka. misalkan nonton episode terbaru drakor favorit, main game, nonton youtube, atau mungkin grabfood jajanan favorit kita. selain pekerjaan beres pun, kepuasan batin kita terpenuhi :)

Naaah kira kira setelah baca tips dari aku, apakah kalian akan mencobanya jugaa? atau mungkin masih ada yang mau menerapkan sistem " yang penting beres aja?" hihi. Semoga temen temen yang sudah membaca tips dari aku bisa langsung coba dipraktekkan yaa. minimal untuk diri sendiri dan minimal waktu lainnya bisa dipakai untuk hal hal yang lebih bermanfaat.

Sekian dulu tulisan ku mengenai tips manajemen waktu pas lagi WFH ini yaaa, semoga bermanfaat dan bisa diterapkan di kemudian hari. wassalamualaikuum, bye byee semuanyaaa :))



15 Comentarios

  1. Waduh mantaf betul ka aku coba terapin deh per senin 30 maret nnti mulai wfh nih aku ,,bahan briefing bsok pagi heheh ,,

    BalasHapus
  2. WFH oh WFH..
    Semoga bisa atur2 waktu kita yaaa, emang ga gampang, tapi mu ga mau harus dilakukan yaa, meski penuh dengan kerempongan dengan kegiatan di rumah.

    Semoga lekas membaik kondisi ini agar bisa berjalan seperti biasa dan beraktivitas pada habitatnya masing2 , hihii..

    BalasHapus
  3. Asikk nih wfh gak pernah dijadiin ribet. Tetep ngelakuin semuanya dengan efektif. Apalagi reward buat diri sendiri yang udah berkutat dengan waktu gak diabaikan. Jadinya seimbang semua. Sip ahh

    BalasHapus
  4. Setuju banget sama self rewarding. Bisa lift up mood biar tetep fokus & produktif. Btw, aku br denger istilah podomoro hihihi

    BalasHapus
  5. Waaa terima kasih tips nya teh. Aku baca pomodoro tuh podomoro mulu :))

    BalasHapus
  6. wah tips tipsnya bakal aku coba terapin ah. Ak baru tau ada pomodoro ituuuu

    BalasHapus
  7. Ahh setuju bangett...kudu ada self reward #aka hiburan setitik xixixi. Thanks tipsnya 😘

    BalasHapus
  8. wah bener juga yah penting banget ada self reward supaya semagat lagi

    BalasHapus
  9. Aku mah yg penting beres plus sering kasih self reward hehe

    BalasHapus
  10. Point 4 memang harus itu. Biar lebih semangat kerjain yang lain. Top👍😊

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Sepertinya pomodoro bisa jadi penyelamat supaya jd produktif, jujur beneran hal hal yng disebutin td itu yg bkn hari tiba2 abis tanpa produktifitas 🙈

    BalasHapus
  13. aku baru tahu pomodoro system ini, nampaknya menarik buat dipelajari lebih lanjut, soalnya menrik aja setiap kerja ternyata perlu juga jeda supaya lebih fokus

    BalasHapus
  14. Aku selalu pakai Pomodoro, Mbak. Aku bisa jadi lebih fokus. Karena berasa kayak "Tahan, tahan, bentar lagi selesai kok. Cuma 25 menit aja kok. Fokus." Jadi aku bisa tahan enggak ngecek HP.

    BalasHapus
  15. Biasanya aku juga seperti ini kok mba. Jd bikin checklist, Krn ini bener2 mempermudah things to do di hari itu. Bikin kita jd LBH fokus jga kan :). Dan jadi tau kerjaan mana yg udh selesai, mana yg belum

    BalasHapus

Follow Me On Instagram