kenapa kita harus menulis dan mengapa menulis itu penting ?




hi everybody, sudah lama saya tidak menulis di blog ini. mungkin sekitar 3 tahun saya tidak menulis dan menceritakan keseharian saya disini (oke jadi curhat, maafkan hihi) sekarang saya akan menjelaskan tentang pengertian menulis, pentingnya menulis dan manfaat menulis bagi kita

Menurut para ahli sejarah, manusia purba saling berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat. Bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi hanya berupa gerakan tangan dan dengusan. Manusia purba menyimpan informasi dalam bentuk gambar, lukisan, simpul tali, ukiran, dan prasasti. Berbagai media telah digunakan oleh manusia purba. Misalnya, dinding gua, batu, tulang, pohon, dan tanah liat. Salah satu bukti manusia purba menyimpan informasi adalah penemuan lukisan binatang pada dinding gua di benua Afrika. Hal tersebut merupakan bukti bahwa manusia purba sudah dapat menyimpan informasi dalam bentuk lukisan atau gambar. Masa ketika manusia belum mengenal baca tulis disebut zaman prasejarah atau prehistoric.

Bangsa Sumeria diyakini sebagai bangsa yang pertama kali dapat membaca dan menulis. Hal ini dibuktikan oleh penemuan tulisan pada lempeng tanah liat yang dibuat sekitar tahun 4100 SM (Sebelum Masehi) sampai tahun 3800 SM.

Pada tahun 1600 SM, bangsa Cina telah mulai menggunakan huruf kanji. Tiga ribu tahun setelah penemuan papirus, bangsa Cina menemukan kertas. Kertas lebih mudah ditulis dibanding dengan menulis pada papirus atau parchment.Perkembangan baca tulis di Indonesia ditandai dengan ditemukannya prasasti Kawali di Pasir Muara Bogor.

Menulis itu merupakan hal yang penting, menurut Ridwan Septiady dalam Kompasiana, diantaranya :

1.      Channeling Creativity
 Perlu kita tahu semua karya seni adalah hasil dari kreativitas yang telah di ledakkan , yang saya maksud disini menulis untuk menyalurkan dan mengembangkan kreativitas bukan menulis tugas remidial ya kwkwk , yaa walaupun apapun alasannya dan tujuan kalau sudah menulis minimal sudah menstimulasi kita untuk berlatih menulis,

2, Develop Imagination
 Sudah banyak karya tulis yang tercipta , dan kebanyakkan karya tulis itu adalah sebuah tulisan yang menceritakan kisah fiktif.
2.      Extensive Knowledge
3.      Sebuah ungkapan yang pernah saya dengar "Penulis yang baik adalah pembaca yang baik" , dan ungkapan ini benar - benar nyata bukan hanya sebuah bualan belaka.Saya sudah menyadari dan meyakini hal ini. Mengapa tidak ? minimal untuk menulis , seorang penulis membutuhkan banyak referensi untuk mengembangkan tulisannya.Contoh kecil saja m seorang penulis membutuhkan beberapa pembendaharaan kata yang cukup banyak agar karya tulisnya semakin menarik.
4.      Writing is timeless
 Tulisan tidak lekang oleh waktu , tulisan bersifat abadi tidak seperti halnya kita memiliki sebuah konsep pemikiran dan hanya kita tanamkan diotak kita.Jika tidak sering kita ingat - ingat konsep itu lama kelamaan akan hilang. Pentingnya sebuah tulisan sudah dikenal sejak lama , apakah kalian lupa bahwa Allah menurunkan Al-Qur'an yang sampai sekarang masih dapat kita baca dan kita pahami isinya? Al-Qu'ran itu berupa tulisan , Bayangkan jika bukan berupa tulisan , melainkan hanya lisan ? mungkin makna dan kandungannya lama - kelamaan terkikis dan menghilang.
5.      Immortalize the story
 Inilah salah satu yang harus dilakukan , budaya buruk dari bangsa Indonesia salah satunya adalah tidak membukukan cerita , atau tidak menuangkan sebuah cerita kedalam karya tulis.Seperti yang kita tahu bahwa kebudayaan yang kental adalah cerita dari mulut kemulut , jadi sebuah cerita yang disampaikan orang satu dan orang lainnya berbeda , bisa berkurang atau bahkan bertambah sehingga kesan cerita di buat - buat. Banyak sekali cerita yang terdapat di Indonesia , legenda , mitos , dongeng , alangkah lebih baiknya apabila seluruh cerita tersebut diabadikan kedalam sebuah karya tulis sehingga isinya tetap dan dapat dibaca secara utuh dari generasi ke generasi.
6.      Insipiring People
 Perlu kita tahu , kata guru saya lebih banyak masyarakat saat ini membutuhkan motivasi dan inspirasi , maka dari itu sekarang sudah mulai banyak seseorang yang membaca artikel atau pun membeli buku yang berisi sebuah kisah yang menginspirasi.Dengan karya tulis tidak hanya menuangkan sebuah tulisan , tetapi secara tidak langsung kita telah momotivasi dan memberikan insiprasi kepada pembaca.
7.      Becoming a famous people
 As we know , sudah banyak sekali karya - karya hasil dari sebuat goresan tinta yang sudah mendunia , siapa yang tidak tahu salah satu novel terkenal karya Andrea Hirata berjudul Laskar Pelangi , karya Pramoedya Ananta Toer berjudul Bumi Manusia , dan sebuah novel karta J.K Rowling yang semua orang arround the world has know yang berjudul Harry Potter.Mereka semua dikenal melalui goresan tinta mereka. "Tahu mengapa aku sayangi kau lebih dari siapapun ? Karena kau menulis.Suaramu takkan padam ditelan angin,akan abadi , jauh dikemudian hari." - Pramoedya Ananta Toer
8.      Earn money
 Ini adalah salah satu alasan yang memotivasi seseorang untuk menulis.Banyak media yang bersedia menampung karya tulis kita , dan tentu saja kita mendapatkan profit dari karya tulis yang telah kita buat.Contoh saja kita membuat resensi buku , artikel , berita kita bisa mendapatkan uang dengan cara mengirimnya ke redaktor media massa , membuat buku seperti novel , atau sering membuat karya tulis di Internet sehingga banyak viewer dan kita mendapatkan profit dari iklan yang kita pasang di web.

9.      Rule the world
 Kalian masih kenal , Karl Max dan Aristoteles seorang filusuf , Stalin pencetus lenimisme , .Mereka adalah tokoh - tokoh terkemuka yang menciptakan sebuah konsep yang akhirnya dipakai oleh masyarakat dunia sampai saat ini.Betapa hebatnya mereka yang bisa menuangkan sebuah konsep dasar pemikiran kedalam sebuah tulisan dan mampu menjadi dasar pemikiran masyarakat.
Sehingga menurut saya sangat baik sekali jika kita belajar menulis dengna baik dan benar, selain itu, menulis juga penting bagi kita karena dapat sebagai salah satu peredam emosi. Bisa disebut sebagai peredam emosi karena jika kita sedih kesal atau marah. Tulisan juga dapat menjadi Pereda itu semua.
Selain  itu menulis pun dapat mencerdaskan, mencerdaskan disini adalah jika kita menulis sesuatu yang bermanfaat, maka kita akan mampu mencerdaskan orang lain karena kita memberikan manfaat dan ilmu baru yang diberikan oleh kita terhadap orang yang membaca tulisan kita.
Kemudian menulis pun dapat menjadi sesuatu yang menyehatkan, menyehatkan disini adalah dimana kita yang sedang sakit fisiknya bisa sedikit terobati rasa jenuh dan keluh kesahnya karena
Menorehkan semua bebannya dengan menulis
Saya ingin sekali menjadi seorang penulis, penulis yang mencerdaskan, penulis yang menyehatkan, dan penulis yang dapat mengobati sakit pembacanya,
Sumber

Comments

Popular posts from this blog

Kegiatan menarik biar #dirumahAja jadi makin asik

Triple moisturizing? tenaang, pake hanasui aja :)

Wardah Beauty Talkshow : How To be an Influencer dan review produk wardah